Informasi teknologi smartphone tips android dan info menarik

Perkembangan Olah Raga Futsal

Perkembangan Olah Raga Futsal
Perkembangan Olah Raga Futsal - Futsal kini mejadi olahraga favorit bagi penduduk Indonesia. jumlah lapangan futsal yang ada di Indonesia sudah tidak terhitung lagi jumlahnya dan sangat banyak peminatnya. Sebenarnya bagaimana sejarah olahraga ini? Kata Futsal berasal dari bahasa Spanyol, Futbol yang berarti sepak bola dan sala yang berarti ruangan,yang jika digabung bisa diartikan sebagai “ sepak bola dalam ruangan “.

Menurut FIFA, futsal berasal dari Montevideo,Uruguay pada tahun 1930. Pertama kali futsal diperkenalkan oleh Juan Carlos Ceriani,seorang pelatih sepak bola asal Argentina. Hujan yang sering turun tiba-tiba di Montevideo membuat kesel dan uring-uringan,karena progam latihan yang telah ia susun menjadi berantakan karena lapangan tergenang air. Kemudian untuk mengatasinya,Ceriani memindahkan latihan kedalam ruangan .Awalnya ia tetap menggunakan pemain berjumlah 11 orang untuk setiap  tim, tetapi karena lapangan sempit,ia memutuskan untuk mengurangi jumlah pemain menjadi 5 orang setiap tim,termasuk penjaga gawang. 

Di luar perkiraan,latihan di dalam ini begitu efektif dan atraktif.Hal ini menarik minat masyarakat di sekitar Montevideo.Karena tidak jauh berbeda dengan olah raga terpopuler di dunia,sepak bola,banyak penggemar sepak bola di Montevideo mencoba olah raga baru ini, dan jadilah futsal sebagai olah raga yang digemari masyarakat luas.

Sudah menjadi hal yang jamak jika sesuatu yang fenomenal pasti memunculkan pro dan kontra.Demikian juga sejarah futsal versi FIFA ini. Sejarah futsal yang dinyatakan oleh FIFA ini tidak bisa diterima begitu saja oleh kalangan luas.Beberapa negara mengklaim bahwa futsal berasal dari negara mereka masing-masing. Brasil adalah salah satu negara yang mengklaim bahwa futsal berasal dari negara mereka.Brasil mengklaim bahwa pada saat yang sama dengan kisah asal mula futsal di Montevideo, para pemain bola di Brasil sudah melakukan hal yang sama.Akan tetapi di Brasil tidak ada aturan baku,setiap daerah punya aturan yang berbeda-beda.

Futsal sangat menarik minat masyarakat di Brasil sehingga olahraga ini berkembang pesat di sana. Kemudian pada tahun 1936 dibuatkanlah kesepakatan untuk menetapkan aturan baku bermain futsal.Pada waktu itu aturan bermain futsal juga tidak berbeda jauh dari aturan bermain futsal saat ini.Aturan ini turut andil dalam mempopulerkan futsal di Amerika Latin, bahkan di seluruh dunia.
 

Pada tahun  1950-an,futsal mulai dikenal di Itali.Futsal di Itali diperkenalkan oleh para pemain sepak bola Seri A Liga Itali yang berasal Amerika Latin terutama di Brasil. Saat kompetisi libur atau di luar jadwal latihan,para pemain sepak bola itu bermain futsal.Seiring waktu futsal semakin dikenal dan digemari di negara asal piza tersebut.

Lain di Itali lain di Inggris.Di Inggris,para pemain sepak bola sering berlatih tanding enam lawan enam di lapangan rumput. Dengan demikian futsal tidak butuh waktu lama untuk berkembang di negara berlambang tiga singa tersebut.Bahkan pernah diselenggarakan turnamen futsal yang di sponsori oleh Londen Express,salah satu harian terkemuka di Inggris.
Di Spanyol, perkembanan futsal jauh lebih cepat. Hal ini bisa terjadi karena budaya dan gaya bermain bola di spanyol sangat mirip dengan sepak bola Amerika Latin.

Itulah sedikit ulasan mengenai Perkembangan Olah Raga Futsal yang dapat kami informasikan kepada anda, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.

 

Perkembangan Olah Raga Futsal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Puspito Purwo Sunarto