Informasi teknologi smartphone tips android dan info menarik

Cara Mudah Mengatasi Force Close Pada Android

Cara Mudah Mengatasi Force Close Android - Sebagian pengguna sistem operasi Android sering mengalami sebuah kejadian force close saat membuka aplikasi atau game yang ingin digunakan. Force close di Android bisa dikatakan di komputer atau pc saat buka aplikasi ada notifikasi Not Responding yang muncul. Penyebabnya, file aplikasi mengalami crash/cacat. Bisa kena virus atau pada saat instalasi aplikasi mengalami kerusakan. Fakto lainnya, mungkin karena sistem operasi yang memang sudah crash sehingga sistem operasi tidak bisa melaunch data dari sistem aplikasi tersebut.

Cara Mudah Mengatasi Force Close Pada Android
Sama halnya pada Android saat mengalami force close , sistem operasi Android tidak bisa menjalankan  data yang berada pada sistem . Tetapi sebelumnya apakah anda mengetahui pengertian dari force close ? Akan saya jelaskan secara singkat bahawa force close yaitu aplikasi yang exit otomatis saat aplikasi sedang di jalankan . masalah seperti ini pasti pernah dans ering dialami oleh pengguna Android.

Hal ini bisa di sebabkan versi aplikasi yang tidak kompatibel dengan versi OS Android kamu atau karena kerusakan sistem atau kerusakan lainnya. Sebenarnya berbagai Chipset dan peranti Android menjadikan para developer pembuat aplikasi Android agar membangun aplikasi Android yang serasi dengan semua peranti Android yang beredar di pasaran saat ini.

Chipset CPU seperti halnya pada ARM mempunyai tingkat kestabilan yang tinggi dalam melaksanakan kerja aplikasi yang sedang di buka. CPU ini juga bekerja dengan cara yang sedikit berbeda. Contoh yang paling terlihat adalah pada kehadiran chipset yang berjenis MIPS yang tadinya tidak boleh menjalankan pokok tertentu dan akan mengakibatkan force close apabila aplikasi di jalankan.

Hal tersebut terjadi karena arsitektur dan cara kerjanya berlainan dengan standar CPU ARM. Setelah aplikasi tersebut selesai di buat oleh para developer aplikasi Android dan di perbaharui di Google Play Store barulah ia boleh di jalankan untuk menghindari masalah force close tersebut.
  • Sistem Operasi Android Crash/Rusak
Crash pada sistem Android di sebabkan karena hilangnya/rusaknya sistem root, sistem operasi Android sama halnya dengan sistem operasi di komputer yang akan mengalami kerusakan yang di akibatkan berbagai macam hal, baik itu virus, pemasangan aplikasi atau game yang tidak sesuai , atau bahkan pada saat menginstal ROM tidak sempurna.

Hal lain yang sering terjadi adalah ketidakcocokan device dengan costum ROM yang di install, olehb karena itu pemilihan ROM harus benar-benar sesuai dengan device yang di miliki terutama pada saat akan menginstall Costum ROM harus di pilih dengan hati-hati karena bukan saja akan mengalami force close bisa jadi device yang di miliki akan Brick. Solusinya : Jika ketiga permasalahan di ats masih terjadi maka ada baiknya Anda mengganti sistem Android Anda, untuk pengguna Costum ROM pilih Costum ROM yang benar-benar di percaya dan developer nya andal.

Dalam beberapa kasus kerap pengguna yang mendapatkan pesan force close setelah melakukan pembaharuan sistem OS Androidnya . Konflik ini berlaku jika sistem nya baru tersebut menggunakan data-data sementara (temp files) dari sistem lama. Jika terjadi hal ini, sebaiknya bersihkan data sementara (cache & user data) dengan melakukan pemebrsihan pada sistem seperti reset memori
  • Aplikasi Yang Bersangkutan Masih Dalam Tahap Beta
  1. Data game yang belum lengkap dan di perlukannya pembaharuan.
  2. Kurangnya sokongan dari chipset terkini.
  3. Konflik antara aplikasi dan sistem utama Android setelah melakukan update OS Android terbaru.
  4. Konflik data Dalvik , data sementara (temp files) yang di simpan oleh aplikasi.
Jika Terjadi Force Close Pada HH Android Kamu, Biasanya Akan Muncul Pop-up Yang Menunjukan :
"The Aplication (nama aplikasi) (process ID aplikasi ) has stopped unexpectedly. Please Try Again"
Pastikan kamu mengetahui aplikasi atau nama aplikasi yang telah terjadi konflik . Untuk mengatasi masalah force close ini yang perlu kamu lakukan adalah :
  • Lakukan reboot. mati dan hidupka gadget Android kamu untuk menguji kelancaran aolikasi yang di ketahui force close tersebut . Lalu coba jalankan aplikasi yang sama . Apakah masih terjadi Force Close ?
  • Uninstall dan install ulang aplikasi yang bersangkutan . Ada kemungkinan aplikasi tersebut konflik dengan data lam setelah melakukan pembaharuan versi terbaru. Mudah kok, jangan menyerah. 
  • Buanglah data aplikasi atau program cache . Setiap aplikasi akan membuat program simpanan data untuk keperluan pengguna. Misalnya data login, data level pada sebuah game, data image untuk keperluan aplikasi yang bersangkutan. Kamu bisa menghapus data-data ini. Harap di ingat, setelah melakukan proses ini kamu harus login lagi ke aplikasi Facebook, Misalnya. Cara ini lebih baik di lakukan daripada aplikasi kamu terus-terusan Force Close. 
Caranya Mendelete Aplikasi Atau Program cache Adalah Sebagai Berikut :
  • Masuk ke setting
  • Klik menu apps/aplication
  • Biasanya ada pilihan Downloaded | On SD Card | Running | All
  • Pilih saja All
  • Kemudian pilih aplikasi yang force close tadi
  • Pilih saja menu Clear Data dan juga menu Clear CacheReboot Gadget Android kamu, Semoga cara ini sudah dapat mengatasi permasalahan pada aplikasi Android kamu yang sering force close sendiri.
Dengan begitu cache akan terbuang sehingga mengoptimalkan Android anda.
  • Aplikasi Atau Game yang Tidak Cocok Dengan Sistem Operasi Android
Misalnya, aplikasi yang di peruntukan untuk sistem operasi Android ICS di-install di Gingerbread maka besar kemungkinan aplikasi /game tersebut akan mengalami force cllose karena ketidaksesuaian sistemnya. Sama halnya di komputer , aplikasi yang hanya bisa di jalankan di windows 7 lalu di jalankan di windows XP , maka aplikasi tersebut akan mengalami Not Responding yang di akibatkan perbedaan registry di dalam sistem operasi.

Solusi Untuk Mengatasinya :
  1. Ganti aplikasi tersebut sesuai dengan sistem operasi yang terpasang di HH android yang Anda miliki.
  • File Data Tidak Cocok Dengan Tipe HH (GPU,Prosesor) 

Sering sekali para pengguna Android men-download game + data sekaligus yang tujuannya untuk mempermudah instalasi , mengingat tidak semua pengguna memiliki akses internet dengan kecepatan tinggi / tidak memiliki akses WiFi sendiri untuk mendownload data tambahan game yang ingin di mainkan. Namun permasalahannya adalah tidak semua game + data yang ada itu cocok dengan Device yang di miliki walhasil banget semua game + data yang di masukan akan terjadi Force Close.

Solusi Untuk Mengatasinya :
  1. Download game + data sesuai dengan device yang di miliki, atau jika punya akses internet sendiri ada baiknya download langsung dari device Android Anda.
  • Salah Menempatkan File data Game
Penempatan file data tambahan untuk setiap game berbeda-beda . ada yng menempatkannya di folder Android / data, Android / Obb, atau Gameloft/games. Kesalahan penempatan file data juga dapat mengakibatkan force close karena sistem operasi akan confuse mencari file data.
Solusi Untuk Mengatasinya :
  1. Ikuti petunjuk instalasi game tersebut dengan teliti dan web tempat downloadnya.
Itulah Cara Mudah Mengatasi Force Close Pada Android yang bisa anda lakukan jika suatu saat anda mengalami force close pada aplikasi tertentu saat anda sedang asyik menggunakannya. Semoga bermanfaat.

Cara Mudah Mengatasi Force Close Pada Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Shinta Ramadhani