Informasi teknologi smartphone tips android dan info menarik

Tips Menghemat Data Internet Android

Tips Menghemat Data Internet Android

Tips Menghemat Data Internet Android - Kini semakin banyak smartphone tablet berbasis OS Android di dunia, maka semakin tinggi pula penggunaan data internet. Bahkan kini ditambah lagi dengan hadirnya berbagai teknologi jaringan seperti 3G, 4G maka biaya untuk internet tentu membengkak. Selain itu susunan aplikasi yang beroperasi di background juga mengkonsumsi data internet tanpa kita sadari dan bahkan dengan kita sadari. Untuk tersebut anda bisa menanggulanginya dengan sejumlah tips sederhana yang tertulis di sini, hasilnya anda akan dapat menghemat data internet dengan mengurangi penggunaan data tidak perlu dan juga sejumlah tips ini akan memastikan bahwa data digunakan seirit mungkin. berikut Tips Menghemat Data Internet Android :
  • 1. Nonaktifkan Auto Update.
Auto Updates berperan besar dalam menguras data internet anda, karena jika fitur ini dalam keadaan aktif, maka semua aplikasi terinstall di smartphone Android anda akan melakukan update secara otomatis jika pengembang si aplikasi mengupdate aplikasinya.

Jika anda lupa mematikan opsi Auto Update sebaiknya lakukan sekarang, karena jika pilihan ini aktif, maka data internet anda akan termakan secara berkala jika terjadi update pada setiap aplikasi yang terinstall di ponsel / tablet Android anda. Disarankan menggunakan update aplikasi hanya menggunakan Wifi saja, sehingga proses update terjadi secara manual jika terhubung Wifi melalui Google Play Store.
  • 2. Data Compression pada Browsers
Dengan kecanggihan Google Chrome dan Opera, kita diberikan opsi untuk mengkompres data yang tentunya amat penting untuk mencegah loading foto-foto di website dan website anda kunjungi akan terbuka melalui format HTML yang akan menimalkan penggunaan data hampir 50%. Untuk menyetingnya anda bisa menuju Settings / Pengaturan pada opsi Browser yang bersangkutan.
  • 3. Preloading dan Caching Data
Google maps selalu menjadi penyelamat sebagai navigasi saat kita berpetualang di sebuah kota atau jalan yang penuh sesak, aplikasi navigasi GPS yang lain amat memakan banyak data karena mereka selalu melakukan update. Oleh karenanya anda bisa gunaka fitur Watch Later pada Youtube. Dengan ini anda bisa download konten video tadi saat terhubung di Wifi dikemudian hari. Dengan begini anda bisa meninjau ulang video dan menghemat data.
  • 4. Matikan Auto Sync
Umumnya update aplikasi sosial media dan aplikasi lainnya memiliki opsi Auto Sync yang memungkinkan mereka untuk menggunakan data mobile secara otomatis, sehingga setiap ada update baik itu pada aplikasi sosmed atau aplikasi lainnya mereka akan gunakan data internet. Proses ini akan memakan amat banyak data setiap terhubung dengan internet belum lagi proses pencarian update juga akan makan data. Oleh karenanya disarankan untuk mematikan Auto Sync (di OFF), sehingga proses update akan terjadi hanya jika anda membuka aplikasi.
  • 5. Matikan Mobile Data dan tetapkan Data Limit
Mematikan data mobile ketika anda tidak gunakan internet merupakan cara bagus untuk menghemat data internet di Android, dengan menghentikan penggunakan data di background. Jadi di saat anda sedang tidur, atau hadiri sebuah rapat / pertemuan anda bisa matikan Mobile Data. Opsi untuk ini dapat di temukan pada halaman setting Data: Settings > Data Settings > Set Data Limit. Anda bisa tetapkan batasan data digunakan. Tindakan ini akan memberikan peringatan jikalau anda sudah hampir melewati batasan data yang telah anda tetapkan disitu.


Itulah beberapa Tips Menghemat Data Internet Android, semoga dapat berguna untuk anda para pembaca agar bisa menghemat data internet anda.

Tips Menghemat Data Internet Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Puspito Purwo Sunarto